Cara Beradaptasi Kelelawar

Tulislah bentuk adaptasi yang dilakukan oleh kelelawar beserta manfaatnya!

Adik-adik yang mendapatkan masalah pertanyaan tentang Cara Beradaptasi Kelelawar, sebaiknya adik-adik bisa mencatatnya ataupun bisa simpan artikel yang tersedia, supaya nanti kalau ada pertanyaan yang sama, kalian bisa mengerjakan dengan baik dan tentu saja akan dapat mendapat nilai yang lebih sempurna lagi. Untuk itu itu silahkan memperhatikan jawaban dan pembahasan Cara Beradaptasi Kelelawar yang bisa Adik-adik lihat dibawah.

Pembahasan: Cara Beradaptasi Kelelawar
Kelelawar memiliki kemampuan ekolokasi dalam menentukan jarak atau letak benda sekitar di malam hari. Cara kerja kelelawar dalam melakukan ekolokasi adalah kelelawar menggunakan laringnya untuk menghasilkan gelombang ultrasonik yang dipancarkan melalui mulut atau hidungnya. Kelelawar mendengar gema yang dikembalikan dan membandingkan waktu antara saat sinyal dikirim dan dikembalikan dan pergeseran frekuensi suara untuk membentuk peta sekelilingnya. Kemampuan ekolokasi ini dapat menentukan lokasi mangsa dan makanannya.
Bentuk adaptasi morfologi pada kelelawar dalam mendukung kemampuan ekolokasi adalah hidung berkerut berkerut bertindak sebagai megafon untuk memproyeksikan suara. Telinga luar kelelawar memiliki bentuk kompleks, lipatan, dan kerutan membantu dalam menerima dan menyalurkan suara masuk. Selain itu, telinga mengandung banyak reseptor yang memungkinkan kelelawar mendeteksi perubahan frekuensi kecil. Otak kelelawar memetakan sinyal dan bahkan menjelaskan efek Doppler yang terbang pada ekolokasi.

Kami berharap semoga jawaban dari maslaha Cara Beradaptasi Kelelawar diatas bisa meringakan kalian mengerjakan tugas dengan benar.