Apa Tugas Dari Badan Perancang Ekonomi

Badan Perancang Ekonomi (Planning Board) dibentuk pada tanggal 19 Januari 1947 atas inisiatif Menteri Kemakmuran, dr. A.K. Gani. Kemukakan langkah-langkah yang dilakukan Badan Perancang Ekonomi (Planning Board)!

Bagi kalian yang mencari namun belum bisa juga mendapatkan jawaban yang pas, dari pertanyaan Apa Tugas Dari Badan Perancang Ekonomi oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kita akan memberi jawaban dan pembahasan yang cocok untuk persoalan tentang Apa Tugas Dari Badan Perancang Ekonomi. Untuk itu sekali lagi kakak sarankan untuk mengingat jawaban yang ada di bawah ini, supaya dilain waktu, jikalau ada pertanyaan yang mirip kamu dapat mengerjakannya dengan sempurna.

Pembahasan: Apa Tugas Dari Badan Perancang Ekonomi
Langkat-langkah yang dilakukan Badan Perancang Ekonomi (Planning Board) adalah menyatakan semua bangunan umum, perkebunan, dan industri menjadi milik pemerintah Republik Indonesia, bangunan umum vital milik asing akan dinasionalisasi dengan pembayaran ganti rugi, serta perusahaan modal asing akan dikembalikan kepada yang berhak sesudah diadakan perjanjian Republik lndonesia-Belanda.
Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:
Badan Perancang Ekonomi (Planning Board) dibentuk pada tanggal 19 Januari 1947 atas inisiatif Menteri Kemakmuran, yaitu dr. A.K. Gani. Tugas badan ini adalah membuat rencana pembangunan ekonomi untuk jangka waktu dua sampai dengan tiga tahun. Sesudah badan perancang ini bersidang, dr. A.K. Gani mengumumkan rencana pemerintah tentang rencana pembangunan sepuluh tahun. Rencana pembangunan tersebut terbuka bagi pemodal dalam negeri atau pemodal asing.
Untuk menampung dana pembangunan tersebut, pemerintah akan membentuk bank pembangunan. Langkah-langkah yang dilakukan Badan Perancang Ekonomi (Planning Board) adalah sebagai berikut.
Menyatakan semua bangunan umum, perkebunan, dan industri menjadi milik pemerintah Republik Indonesia. 
Bangunan umum vital milik asing akan dinasionalisasi dengan pembayaran ganti rugi.
Perusahaan modal asing akan dikembalikan kepada yang berhak sesudah diadakan perjanjian Republik lndonesia-Belanda.
Badan perancang ini pada bulan April 1947 diperluas menjadi Panitia Pemikir Siasat Ekonomi yang dipimpin langsung oleh Wakil Presiden Moh. Hatta. Tugas panitia ini adalah mempelajari, mengumpulkan, serta memberi kan saran kepada pemerintah dalam merencanakan pembangunan ekonomi dan dalam perundingan dengan pihak Belanda.

Jawaban dari persoalan Apa Tugas Dari Badan Perancang Ekonomi diatas, Semoga bisa menambah wawasan kalian semua.