Faktor Intern Lahirnya Pergerakan Nasional ✍( ͡O ͜ʖ ͡o)

Salah satu faktor internal yang melatarbelakangi munculnya pergerakan nasional Indonesia adalah ….

Bagi kalian yang mencari namun tidak juga mendapatkan jawaban yang tepat, dari pertanyaan tentang Faktor Intern Lahirnya Pergerakan Nasional maka pada kesempatan kali ini saya akan memberi jawaban juga pembahasan yang cocok dari pertanyaan tentang Faktor Intern Lahirnya Pergerakan Nasional. Oleh sebab itu sekali lagi kami sarankan untuk mengingat jawaban yang seperti dibawah ini, agar dilain kesempatan, jikalau ada persoalan tentang yang sama adik-adik dapat mengerjakannya dengan sempurna.

Jawaban
 faktor internal yang melatarbelakangi munculnya pergerakan nasional Indonesia adalah adanya penderitaan rakyat yang berkepanjangan akibat penjajahan, adanya kenangan kejayaan masa lalu seperti zaman Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit, lahirnya kaum-kaum intelektual atau terpelajar yang menjadi pemimpin pergerakan, adanya diskriminasi rasial.
Pembahasan: Faktor Intern Lahirnya Pergerakan Nasional
Lahirnya pergerakan-pergerakan nasional di Indonesia dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal, yakni : adanya penderitaan rakyat yang berkepanjangan akibat penjajahan, adanya kenangan kejayaan masa lalu seperti zaman Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit, lahirnya kaum-kaum intelektual atau terpelajar yang menjadi pemimpin pergerakan, adanya diskriminasi rasial. Faktor ekternal, yakni: timbulnya paham-paham baru di Eropa dan Amerika yang masuk ke Indonesia, seperti nasionalisme, demokrasi, liberalisme dan sosialisme, Munculnya gerakan Turki muda atau All Indian National Congres 1885, dan Gandhisme. yang tidak lepas kebangkitan nasional di Asian dan Afrika. serta adanya kemenangan Jepang atas Rusia pada 1905 yang menyadarkan dan membangkitkan bangsa-bangsa Asia untuk melawan bangsa barat.
Dengan demikian faktor internal yang melatarbelakangi munculnya pergerakan nasional Indonesia adalah adanya penderitaan rakyat yang berkepanjangan akibat penjajahan, adanya kenangan kejayaan masa lalu seperti zaman Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit, lahirnya kaum-kaum intelektual atau terpelajar yang menjadi pemimpin pergerakan, adanya diskriminasi rasial.

Mudah-mudahan jawaban diatas dapat membuatmu mendapatkan jalan keluar yang baik dari persoalan Faktor Intern Lahirnya Pergerakan Nasional.