Adaptasi Ikan Air Tawar -Kunci Jawaban-

Ikan air tawar melakukan adaptasi dengan cara minum sedikit air dan mengeluarkan banyak urin yang encer, sedangkan ikan laut melakukan adaptasi dengan cara minum banyak air dan mengeluarkan sedikit urin yang pekat. Cara hidup yang dilakukan oleh ikan tersebut bertujuan untuk….
mempertahankan kondisi tubuh
mempertahankan bentuk tubuh
menjaga sistem ekskresi
mempertahankan hidup

Bagi adik-adik yang sudah belajar namun belum juga menemukan jawaban yang tepat, dari persoalan Adaptasi Ikan Air Tawar maka dari itu pada kesempatan kali ini kakak akan memberi jawaban dan pembahasan yang tepat dari pertanyaan Adaptasi Ikan Air Tawar. Untuk itu sekali lagi kakak sarankan untuk mengingat jawaban yang ada di bawah ini, supaya dilain hari, jikalau ada pertanyaan yang mirip kamu dapat mengerjakannya dengan sempurna.

Pembahasan: Adaptasi Ikan Air Tawar
Salah satu ciri makhluk hidup adalah memyesuaikan diri terhadap kondisi lingkungan. Ikan air laut memiliki kandungan garam yang lebih rendah dalam cairan tubuhnya. Untuk menyeimbangkan diri dengan kadar garam tinggi di lautan maka ikan laut melakukan  adaptasi  dengan cara minum banyak air dan mengeluarkan  sedikit  urin  yang  pekat. Sementara itu, ikan air tawar memiliki kadar garam lebih tinggi pada cairan tubuhnya sehingga ikan air tawar melakukan  adaptasi  dengan cara minum sedikit  air  dan mengeluarkan  banyak urin  yang  encer. Dengan demikikan cara hidup yang dilakukan ikan-ikan tersebut bertujuan untuk mempertahankan kondisi tubuh.

Kami berharap semoga jawaban dari persoalan Adaptasi Ikan Air Tawar diatas bisa meringakan adik-adik mengerjakan tugas dengan benar.