Sebutkan Sumber Sejarah Tentang Keberadaan Kerajaan Medang Kamulan [Jawaban]

Apa saja sumber yang dapat dijadikan dasar adanya kerajaan Medang?

Kamu yang menemukan masalah pertanyaan Sebutkan Sumber Sejarah Tentang Keberadaan Kerajaan Medang Kamulan, baiknya kamu bisa mencatatnya ataupun bisa simpan artikel yang tersedia, supaya nanti jika ada persoalan tentang yang sama, kalian bisa mengerjakan dengan baik dan tentu saja akan dapat mendapatkan nilai yang lebih sempurna lagi. Oleh sebab itu itu kakak persilahkan simak hasil dan pembahasan Sebutkan Sumber Sejarah Tentang Keberadaan Kerajaan Medang Kamulan yang bisa Kamu lihat dibawah.

Jawaban
  sumber yang dapat dijadikan dasar adanya kerajaan Medang antara lain:  Prasasti Mpu Sindok, prasasti Tangeran, prasasti Kalkuta, prasasti Anjuk Ladang, prasasti Bangil.
Pembahasan: Sebutkan Sumber Sejarah Tentang Keberadaan Kerajaan Medang Kamulan
Kerajaan Medang berdiri di Jawa Timur pada abad ke-10 dengan Ibu Kota Wantan Mas yang terletak di kawasan sungai Brantas. Sebelumnya, Kerajaan Medang berdiri di Jawa Tengah dengan nama Kerajaan Mataram. Lokasi kerajaan harus pindah ke Jawa Timur karena letusan Gunung Merapi menghancurkan Kerajaan Mataram. Ada beberapa  peninggalan Kerajaan Medang Kamulan yang tercatat oleh sejarah diantaranya adalah sebagai berikut.
Prasasti Mpu Sindok yang menceritakan kehidupan politik Kerajaan Medang Kamula di masa Mpu Sindok.
Prasasti Tangeran merupakan salah satu sumber sejarah yang ditemukan di wilayah Desa Tangeran, Jombang pada tahun 933 Masehi. Dalam prasasti ini membahas tentang kisah Mpu Sindok yang memerintah Kerajaan Medang Kamulan bersama dengan sang permaisuri yang bernama Sri Wardhani. 
Prasasti Kalkuta: Prasasti yang dibuat pada masa pemerintahan Raja Airlangga ini berisi tentang silsilah raja-raja keturunan Mpu Sindok.
Prasasti Anjuk Ladang: Prasasti ini berisi tentang awal dari Kerajaan Medang Kamulan.
Prasasti Bangil merupakan salah satu sumber sejarah dari Kerajaan Medang yang di dalamnya berisikan tentang kisah Mpu Sindok yang mengawasi pembangunan sebuah candi sebagai tempat untuk peristirahatan dari mertuanya yaitu Rakyan Bawang.
Dengan demikian,  sumber yang dapat dijadikan dasar adanya kerajaan Medang antara lain:  Prasasti Mpu Sindok, prasasti Tangeran, prasasti Kalkuta, prasasti Anjuk Ladang, prasasti Bangil.

Mudah-mudahan pembahasan diatas bisa membuatmu mendapatkan jawaban yang baik dari maslaha Sebutkan Sumber Sejarah Tentang Keberadaan Kerajaan Medang Kamulan.