Susunan Berita -Penjelasan-

Teks untuk mengerjakan soal nomor 6—10 
“Tentu saja posisi (Pertamina) saat ini kita akan lihat ini fluktuatif sehingga kita nanti lihat lagi Februari, Maret seperti apa,” ujar Dwi di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (20/12).
Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto mengatakan, pihaknya akan terus memantau fluktuasi harga minyak dunia. Pada Maret nanti hal tersebut menjadi bahan evaluasi.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah memutuskan tidak menaikkan harga bahan bakar minyak per Januari 2017 hingga Maret 2017. Sesuai Permen ESDM Nomor 4 Tahun 2015, setiap tiga bulan Pemerintah melakukan evaluasi harga BBM.
Tugas Pertamina, lanjut Dwi berusaha efesien sejalan dengan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. “Mudah-mudahan dari sisi efesiensi yang kita kembangkan, kita laksanakan. Paling tidak bisa bisa mengurangi apa saja yang sudah jadi beban pertamina,” tutur Dwi menjelaskan. 
Sumber: https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/16/12/20/oihi6w349-harga-bbm-tak-naik-awal-2017-pertamina-efisiensi
Susunan berita yang benar adalah …. 
3 – 2 – 1 – 4 
3 – 1 – 2 – 4 
3 – 4 – 2 – 1 
3 – 1 – 4 – 2 

Bagi adik-adik yang belajar namun tidak juga menemukan jawaban yang tepat, dari persoalan tentang Susunan Berita oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kita akan memberikan jawaban dan juga pembahasan yang cocok untuk persoalan Susunan Berita. Oleh sebab itu sekali lagi kakak sarankan untuk memperhatikan jawaban yang seperti dibawah ini, supaya dilain hari, kalau ada pertanyaan yang serupa adik-adik dapat mengerjakannya dengan baik.

Jawaban
jawaban yang tepat adalah pilihan A. 
Pembahasan: Susunan Berita
Teks berita adalah teks yang berisi peristiwa terkini atau aktual.
Teks berita memiliki struktur tersendiri yang membedakannya dengan teks lain.
Struktur teks berita:
Lead atau kepala berita: Merupakan bagian pembuka berita dan terletak pada bagian paling atas sebuah berita. Pada bagian lead ini disajikan secara singkat tentang unsur 5W+1H (adiksimba).
Badan atau tubuh berita: Bagian tubuh berita merupakan pengembangan unsur 5W+1H yang termuat dalam bagian lead.
Kaki atau ekor berita: Merupakan bagian penutup berita.
Agar dapat menyusun sebuah berita dengan baik, kita harus membaca teks secara saksama dan memperhatikan kata kunci paragraf. Kata kunci adalah kata (atau bisa juga ungkapan) yang kedudukannya mewakili gagasan atau konsep yang sudah dipaparkan.
Cara mencari kata kunci pada sebuah paragraf:
Carilah kata yang diulang. 
Carilah kata kunci pada ide pokok paragraf. 
Kata-katanya mendapat pengganti di kalimat lain. 
Kata kunci teks berita tersebut adalah harga minyak. Kata kunci harga minyak terdapat pada kalimat 3 dan 2, mendapat pengganti kata ini pada kalimat 1, dan mendapat pengganti kata efisien yang berkaitan dengan harga minyak.
 
Berdasarkan struktur dan pengertian setiap bagian struktur teks berita tersebut, susunan berita yang benar:
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah memutuskan tidak menaikkan harga bahan bakar minyak per Januari 2017 hingga Maret 2017. Sesuai Permen ESDM Nomor 4 Tahun 2015, setiap tiga bulan Pemerintah melakukan evaluasi harga BBM. (kalimat 3)
Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto mengatakan, pihaknya akan terus memantau fluktuasi harga minyak dunia. Pada Maret nanti hal tersebut menjadi bahan evaluasi. (kalimat 2)
“Tentu saja posisi (Pertamina) saat ini kita akan lihat ini fluktuatif sehingga kita nanti lihat lagi Februari, Maret seperti apa,” ujar Dwi di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (20/12).  (kalimat 1)
Tugas Pertamina, lanjut Dwi berusaha efesien sejalan dengan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. “Mudah-mudahan dari sisi efesiensi yang kita kembangkan, kita laksanakan. Paling tidak bisa bisa mengurangi apa saja yang sudah jadi beban pertamina,” tutur Dwi menjelaskan. (kalimat 4)
Susunan berita yang benar adalah 3 – 2 – 1 – 4.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A. 

Kakak berharap mudah mudahan jawaban dari pertanyaan Susunan Berita diatas dapat mempermudah kamu menyelesaikan soal dengan baik.